-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Kamboja dan Berbagai Potensi Wisata yang Dimilikinya!

Tidak ada komentar

kamboja flag
Source : aseanbriefing.com

        Kamboja merupakan sebuah Negara kecil di dataran Asia Tenggara dan tergabung pada komunitas ASEAN sejak 1998. Kamboja mendeklarasikan kemerdekaannya dari Perancis pada tanggal 9 November 1953, dan secara astronomis Kamboja berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di sebelah utara, Vietnam di sebelah timur, dan Teluk Thailand di selatan. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Indochina antara abad ke-11 hingga 14. Selama empat tahun masa kekuasaan dari Khmer merah, jumlah penduduk menurun drastis menjadi hanya 6 juta jiwa, banyak dari mereka yang di bunuh bahkan dilecehkan oleh khmer merah selain itu ada juga yang kelaparan bahkan ada pula yang bermigrasi dalam jumlah yang cukup besar, terutama orang-orang dari etnik Vietnam. Bentuk negara Kamboja adalah monarki konstitusional demokratik.

Profil Negara Kamboja

  • Nama Lengkap : Kerajaan Kamboja (Kingdom of Cambodia)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Raja Norodom SIHAMONI (sejak 29 Oktober 2004)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri HUN SEN (sejak 14 Januari 1985)
  • Ibukota : Phnom Penh
  • Luas Wilayah : 181,035 km²
  • Jumlah Penduduk : 16.718,955 jiwa (2020)
  • Suku Bangsa/Etnis : Khmer 97.6%, Cham 1.2%, Tionghoa 0.1%, Vietnam 0.1%, lain-lain 0.9% (estimasi tahun 2013)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Khmer
  • Agama : Buddha (resmi) 96.9%, Islam 1.9%, Kristen 0.4%, lain-lain 0.8% (estimasi tahun 2008)
  • Mata Uang : Riel Kamboja (KHR)
  • Hari Nasional : 9 November 1953 (Hari Kemerdekaan dari Perancis)
  • Lagu Kebangsaan : “Nokoreach” (Royal Kingdom)
  • PDB Per Kapita : USD 1. 510, 32,-
  • Kode Telepon : 855
  • Lokasi : Asia Tenggara (Asean)

Perekonomian Kamboja

Untuk sektor perekonomian sendiri Negara Kamboja banyak bergantung pada sektor pertanian, Perikanan, Pertambangan, dan Manufaktur. Di sektor pertanian dan perkebunan komoditas utamanya ialah padi, karet, sayuran, dan buah-buahan serta ternak. Di sektor lain, Perikanan juga menjadi kegiatan ekonomi  penting di Kamboja khususnya di area Tonle Sap. Sementara di sektor tambang Negara ini menghasilkan Fosfat dan batu permata. Terakhir, di sektor Manufaktur besar terdiri Kamboja banyak memproduksi tekstil, pengolahan produk pertanian, dan industri ringan lainnya.

Wisata di Kamboja

Kamboja dijuluki sebagai Negara seribu candi karena banyaknya candi peninggalan era kerajaan masa lampau yang beridir disana, saat ini beberapa diantaranya telah beralih fungsi sebagai pusat pengembangan budaya dan pariwisata. Lebih jauh, inilah 5 spot wisata pilihan yang ada di Kamboja, apa saja?

1. Angkor Wat

Angkor Wat
Source : thecrazytourist.com

Wisata utama yang paling terkenal di Kamboja ialah kawasan Angkor Wat. Kuil Angkor sendiri diperkirakan  dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II dan memiliki luas sekitar 400 KM persegi dengan ratusan kuil di dalamnya.  Kuil ini menyimbolkan Gunung Meru, sesuai dengan kepercayaan Khmer tradisional, dan dijadikan sebagai rumah dewa-dewa Hindu.  Untuk masuk ke kawasan Angkor Wat, turis akan dikenakan biaya masuk sesuai dengan jenisnya tiket masuk Angkor Wat  1 day pass, 3 days pass, atau 7 days pass. Tiket masuk 1 day pass dihargai 37 USD, 3 days pass seharga 62 USD, dan 7 days pass dibandrol dengan harga 72 USD.

2. Cardamon Mountain

Cardamom Mountain
Source : tripadvisor.com

Berikutnya, wisatawan dapat menapaki jejak ke Cardamom Mountain yaitu sebuah cagar alam yang ada di Kamboja. Cordamom Mountain memiliki luas wilayah hingga 10.922.060 hektar dengan nuansa padang gurunya. Terdapat ratusan flora dan fauna di area ini, dan tidak hanya itu di ditempat ini juga terdapat puluhan air terjun dan juga aliran sungai.

3. Tuol Sleng Genocide Museum

Tuol Sleng Genocide Museum
Source : nytimes.com

Nah, yang satu ini adalah wisata sejarah penting di Kamboja, yaitu  Tuol Sleng Genocide Museum yang berada di Ibuokta Phnom Penh. Pada mulanya museum ini adalah sebuah bangunan sekolah yang pada masa kekuasaan Pol Pot dijadikan sebagai penjara dan tempat penyiksaan. Antara 1975 – 1978, lebih dari 17rb orang pernah masuk dan disiksa di tempat ini dan kemudian dibawa ke tempat pembantaian (killing field) di Choeung Ek yang terletak di sekitar 30 menit perjalanan dari Phnom Penh. Ketika berkunjung ke museum ini, nuansa mistis pun dapat kalian rasakan namun akan banyak sejarah yang kalian dapatkan di tempat ini.

4. Sihanoukville

Sihanoukville beach
Source : stunningplaces.com

Kamboja juga memiliki wisata pantai yang indah loh, yaitu di distrik Sihanoukville atau Kompong Som. Wisata pantai indah ini terletak jauh dari kota Phnom Penh atau sekitar 4 jam perjalanan dari ibukota Kamboja tersebut. Ada beberapa pantai sekaligus yang bisa dikunjungi di kota ini, yaitu Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach.

5. Bokor Hill Station

Bokor Hill Station
Source : worldabandoned.com

Terakhir, wisatawan dapat berkunjung ke Bokor Hill Station yang dibangun pada zaman kolonial Perancis tahun 1920. Sekarang, bangunan ini terasa seperti sebuah tempat berhantu karena kosong tak berpenghuni. Pada Oktober 2008, jalan menuju Bokor secara resmi ditutup karena rekonstruksi yang sedang berlangsung. Selain itu, akses mandiri menuju tempat ini tampaknya sulit meskipun ada paket hiking yang disediakan oleh agen perjalanan lokal.

         Nah, itulah profil singkat Negara Kamboja dan beberapa potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.


mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com