-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Backpacker-an ke Vietnam Utara Enaknya Kemana Aja Ya? Berikut Gua SPILL Untuk Lo!

Tidak ada komentar

ninggalinjejak.com - Dalam beberapa tahun terakhir gairah pariwisata negara-negara ASEAN terus bertumbuh dan menarik banyak perhatian turis mancanegara, tak hanya Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura saja yang mendominasi pasar pariwisata di Asia Tenggara namun salah satu negara underrated lainnya ialah Vietnam. Negara paman Ho ini nyatanya menjadi sangat popular bagi banyak turis tak terkecuali pelancong asal Indonesia, hampir setiap hari timeline social media diramaikan dengan konten-konten liburan di Vietnam. 

Menurut data Direktorat Jenderal Statistik Vietnam yang diumumkan pada Senin pagi, 29 April 2024), jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Vietnam mencapai kira-kira 1,6 juta orang. Selama 4 bulan sejak Januari, jumlah kedatangan wisman ke Vietnam mencapai 6,2 juta orang, meningkat lebih dari 68% dibandingkan dengan kurun waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Bagi wisatawan asal Indonesia sendiri, liburan ke Vietnam cukup murah dan mudah dilakukan mengingat nilai tukar mata uang Dong Vietnam yang lebih rendah ketimbang rupiah, kebijakan bebas Visa bagi sesama turis berpaspor negara ASEAN, serta berbagai pilihan destinasi wisata yang memukau di Vietnam. Lantas, sebenarnya bisa kemana aja sih selama di Vietnam?

FYI, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Vietnam, kamu harus tau jika area wisata utama di Vietnam itu dibagi kedalam tiga kategori wilayah utama, yakni Vietnam Utara dengan kota besarnya Hanoi, Vietnam Tengah dengan kota populernya Da Nang, dan Vietnam Selatan dengan kota terpadatnya Ho Chi Minh. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih rinci mengenai “Place To Go di Vietnam Utara” berdasarkan pengalaman perjalanan penulis.

Cara Menuju Vietnam Utara dari Indonesia?

Satu-satunya cara menuju Vietnam Utara dari Indonesia ialah dengan moda transportasi udara, kamu bisa pesan tiket pesawat langsung di aplikasi Traveloka dengan rute Jakarta-Hanoi atau Denpasar-Hanoi. Satu-satunya Direct Flight ialah dengan maskapai VietJet Air dengan waktu tempuh penerbangan sekitar 4-5 jam, untuk range harga tiketnya pun cukup terjangkau yakni antara 1 – 1,5 juta rupiah saja. Kalau mau lebih murah, manfaatkan berbagai promo tiket pesawat internasional yang ada di aplikasi Traveloka mu.

Transportasi Umum Selama di Vietnam Utara!

Ada sejumlah alternatif transportasi yang bisa turis manfaatkan selama berplesir ke Vietnam Utara, mulai dari bus umum, sewa motor, hingga transportasi online seperti Grab atau Gojek. Namun, satu hal yang unik jika kamu memilih menggunakan grab bike di negara ini ialah penggunaan helm tempurung nya yang khas. Bisa dibilang helm di Vietnam ini serupa dengan helm proyek yang sering digunakan para pekerja bangunan di Indonesia. 

Bisa kemana Saja sih di Vietnam Utara?

1. Ibukota Ha Noi

Ha Noi adalah ibukota negara Vietnam secara keseluruhan, kota ini ialah titik awal perjalanan mu di Vietnam Utara. Banyak hal yang bisa diesksplorasi selama berkunjung ke Ha Noi, mulai dari mencoba kuliner khas seperti Pho dan Banh Mi. Disisi lain, ada banyak sekali café-café unik dan lucu di Ha Noi, jadi kota ini akan tepat banget untuk kamu yang hobi café hopping, beberapa rekomendasi café yang bisa kamu kunjungi ialah Hanoi Train Street Café, The Note Coffee, Hidden Alley Coffee, Cong Caphe, dan masih banyak lagi. Sementara untuk highlight spot unggulannya ialah landmark Opera House, Old Quarter Area, Tran Quoc Pagoda, Hoa Kiem Lake, Ho Chi Minh’s Mausoleum, dan lainnya. 

Hanoi
Hanoi

Untuk akomodasi penginapan di Ha Noi itu banyak banget yang murah loh! Apalagi untuk kamu yang tipikal backpacker low-budget. Salah satu hostel terbaik di Ha Noi ialah Hanoi Traveler House yang lokasinya sangat strategis ditengah-tengah Old Quarter. Hostel harga 100 ribuan ini memberikan fasilitas yang super nyaman untuk tamunya, mulai dari free-breakfast, dapur tamu, lobby tamu yang cozy, free wifi, handuk, dan private bed yang modern. Untuk pemesanan hostel ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi Traveloka ya. Pokoknya Don’t Worry No Rugi Pesan Room Sekarang melalui link Traveloka Affiliate berikut ini. CEK KAMAR!

2. Sa Pa

Belum lengkap petualanganmu di Vietnam Utara kalau tidak berkunjung ke Sa Pa, salah satu kota ikonik yang cukup ramai dikunjungi para pelancong asal Indonesia akhir-akhir ini. Sa Pa akan memberikan experience wisata ala dataran tinggi yang memukau untukmu. Untuk menuju Sa Pa, kamu bisa menggunakan moda transportasi Bus atau Kereta Api yang tiketnya bisa dipesan langsung di stasiun atau platform online lainnya.

Sa Pa
Sa Pa

Mejelajah kota Sa Pa bisa dilakukan dalam satu hari dengan mengunjungi beberapa wisata utamanya mengingat kondisi geografis kota ini yang tak terlalu besar. Di pagi hari kamu bisa mengunjungi Fan Sipan, yaitu puncak gunung tertinggi di Indochina. Tapi tenang aja kamu gak harus hiking berhari-hari kok untuk menuju top peak Fan Sipan ini, cukup beli tiket atraksi wisata “Sun World Fansipan Legend Cable Car” di fitur Traveloka Xperience mu, dapatkan penawaran harga promo dengan fasilitas yang memudahkan petualanganmu. Harga termurah Fan Sipan Experience ini ialah 90 ribuan rupiah, namun sangat disarankan untuk membeli paket lengkap yang mencakup round trip cable car, Muong Hoa train, dan buffet lunch yang harganya hanya 600 ribuan rupiah saja. Kapan lagi kan kamu bisa naik ke puncak gunung 3000an mdpl dengan cable car tertinggi se-Asia Tenggara.

Setelah menikmati eksotisme pegunungan Indochina, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Cat-Cat Village yang fenomenal, berfoto estetik di sekitaran danau Sapa, atau berburu beragam street food yumi di kota Sa Pa.

3. Ha Long

Setelah meninggalkan kota Sa Pa, mari kembali ke Ha Noi untuk menjalani tur laut ke Ha Long Bay, salah satu destinasi wisata andalan lainnya di Vietnam Utara. Bahkan eksistensi gugusan kepulauan Ha Long ini sempat masuk kedalam jajaran 7 keajaiban dunia loh, ketenaranya sudah diakui banyak turis mancanegara. 

Ha Long
Ha Long

Agar perjalananmu ke Ha Long Bay dapat berlangsung mudah tanpa hambatan, kamu bisa memesan paket wisata Ha Long Bay langsung melalui aplikasi Traveloka, masuk ke fitur Xperience lalu pilih Ha Long Bay – 1 Day Cruise Tour. Kenapa harus pesan paket wisata ini melalui Traveloka? Ya agar itinerary perjalananmu jelas dan tidak over budget mengingat perjalanan mandiri dari Ha Noi menuju Provinsi Ha Long bisa memakan waktu hingga 3 jam. Serunya, hanya dengan harga paket wisata 450 ribuan kamu bisa mendapat fasilitas berlayar dengan kapal terbaik, buffet lunch seafood, berkunjung ke spot-spot terkenal seperti Tip Top Island, Sung Sot Cave, hingga Cannoying di Luon Cave.

4. Ninh Binh

Mungkin gak banyak yang memasukan Ninh Binh kedalam bucket list destinasi selama dolan ke Vietnam Utara, padahal pesona Ninh Binh se-eksotis itu. Dengan karakteristik wisata alam dan telusur sungai, jalan-jalan di Ninh Binh cocok banget untuk kamu yang memiliki jiwa adventure sejati. 

Ninh Binh
Ninh Binh

Lagi-lagi, biar one day trip mu ke Ninh Binh berjalan lancar dan murah, pastiin kamu beli paket tour wisata Ninh Binh di fitur Traveloka Xperience. Dengan harga hanya 500 ribuan saja kamu udah bisa mengunjungi beberapa destinasi andalan Ninh Binh seperti belajar sejarah dinasti masa lampau Hoa Lu, menelusuri perairan Trang An dengan boat, hingga mengeksplorasi kemegahan Mua Cave dan puncaknya.

Gimana? ada banyak sekali hal yang bisa kamu jelajahi selama di Vietnam Utara, bahkan jika melakukan pemesanan aktivitas wisata melalui Traveloka Xperience kamu gak perlu khawatir dengan ketersediaan tanggal kunjungan karena kamu bisa mendapatkan keuntungan Flexible Visit Date, bahkan fitur PayLater Traveloka memungkinkanmu untuk “No Need Pay Now”. Semudah itu jalan-jalan bareng Traveloka.


mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com